Wednesday, June 20, 2018

Keterampilan Pahat Luar Biasa Dimiliki Seniman Ukir Bali

Keterampilan Pahat Luar Biasa Dimiliki Seniman Ukir Bali

Saya selalu terkesan dengan seni di Bali. Ukiran kayu Bali hanyalah salah satu dari banyak contoh yang menunjukkan betapa berbakatnya seniman Bali dalam kerajinan mereka. Saya telah melihat berbagai pasar dan toko seni di sekitar Bali yang menunjukkan beberapa ukiran kayu yang luar biasa yang dirancang oleh pematung kayu di Bali. Saya telah mengambil beberapa foto yang ditunjukkan di bawah ini karya seni yang luar biasa.
Kerajinan Pahat Seniman Bali

Ini tampilan ukiran kata menunjukkan beberapa patung-patung kayu kecil Buddha serta beberapa gaya ukiran lainnya. Pematung yang memiliki toko ini mengatakan kepada saya bahwa dia menciptakan ukiran kayu ini untuk mencari nafkah. Ukiran khusus ini hanya berukuran relatif kecil dibandingkan dengan beberapa desain lain yang pernah saya lihat. Namun mereka masih membutuhkan dedikasi yang sama untuk menyelesaikannya.

Perancang memberi tahu saya bahwa diperlukan waktu hingga beberapa jam untuk membuat desain dasar dari sepotong kayu untuk ukiran seukuran ini. Yang mengejutkan saya, mereka dapat melakukan pekerjaan semacam ini hanya dalam beberapa jam saja. Gajah kayu ini adalah karya seni ukir kayu yang menakjubkan. Gambar ini tidak benar-benar menyoroti bagaimana detailnya sebenarnya. Tetapi ketika saya pertama kali melihat ini, saya terkejut melihat betapa detail dan sempurna rancangannya.

Sulit membayangkan bahwa pemahat kayu Bali dapat membuat ini dari sepotong kayu. Ini ukiran kayu Bali tertentu dari gajah sedikit lebih besar daripada yang dari gambar di atas dengan lebar sekitar 50cm dan tinggi 30cm.  Hewan adalah tema umum yang digunakan dalam ukiran kayu yang saya temukan dari berbagai toko seni dan pasar. Semua yang benar-benar unik dari satu sama lain dan karya seni yang sempurna.

Jika saya adalah seorang kritikus, saya akan mengalami kesulitan untuk menemukan sedikit saja ketidaksempurnaan dalam ukiran kayu Bali yang pernah saya lihat sebelumnya.Kedua kuda ini sedikit lebih besar dari gajah yang digambarkan di atas. Juga ditampilkan di sini adalah anjing kecil dan sosok naga mistis.
Elang ini akan menjadi sosok yang terlihat hebat untuk memiliki di ruang lemari. Bagi saya itu tampak persis sama dengan elang kehidupan nyata dan kira-kira ukurannya juga sama. Ukiran kayu naga mistis ini adalah tema lain yang sering saya lihat di berbagai toko seni. Semua yang berbeda satu sama lain. Mereka adalah jenis ukiran kayu tradisional Bali dan saya telah melihat variasi yang berbeda dari jenis naga ini.

Kuda berukir kayu besar ini benar-benar menarik perhatian saya. Ukurannya berdiri lebih dari setengah tinggi saya sekitar 1,5 meter. Saya bertanya 'Smarty' yang merupakan pemilik dan pencipta ukiran ini, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat kuda ini. Dia mengatakan kepada saya itu butuh sekitar 5 hari atau lebih yang membuat saya takjub. Saya akan berpikir itu akan memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan untuk menciptakan sesuatu seperti ini.

Ini adalah "Barong Dragon" yang terkenal, yang merupakan tema Bali ikonik. Naga Barong yang digunakan adalah seni, tari dan mewakili budaya Bali. Ini adalah beberapa ukiran kayu yang akan digunakan untuk menggantung di dinding. Sekali lagi seperti semua Ukiran Bali lainnya yang saya lihat, mereka memiliki detail yang sangat luar biasa.

No comments:

Post a Comment