Wednesday, June 27, 2018

Karya Seni Bali Sebagai Memorabilia Yang Indah


Karya Seni Bali Sebagai Memorabilia Yang Indah

Salah satu dari banyak kesenangan hidup di Indonesia adalah memiliki kesempatan untuk belajar tentang dan mengumpulkan kerajinan khas Bali. Keragaman yang terlihat di 300 kelompok etnis di Indonesia tercermin dalam keragaman bentuk seninya. Nusantara ini memiliki ragam etnis suku dengan bahasa, dialek, pakaian, kuliner dan rumah adat yang sangat beragam. Serta memiliki cri khas yang unik dari setiap adat kebiasaan atas ornament ukiran dan barang-barang keperlua sehari-hari. Warisan karya budaya seni yang kaya ini merupakaan warisan luhur yang harus terus dijaga dan di lestarikan yang merupakan kekayaan nasional sejati Indonesia.

Motif design dari seni budaya Indonesia ini mencakup keseluruhan aktifitas kehidupan baik keseharian maupun untuk upacara adat yang disesuaikan dengan lingkungan dan kepercayaan dari tiap etnis suku. Pada awalnya kesenian nusantara in lebih pada budaya anismisme untuk memuja leluhur kemudian dipengaruhi oleh budaya asing yang beralkuturasi dengan budaya local seperti budaya keyakinan, Hindu, Budha, Islam & Kristen yang dibawa oleh para pedagan asing yang akhirnya menetap dan berbaur dengan penduduk local, yang pada akhirnya membawa suatu sni budaya baru yang memperkaya khasanah budaya nusantara.

Hari ini kita bisa melihat bentuk-bentuk seni yang sangat maju di mana para perajin ini memiliki pelanggan di abad yang lalu. Salah satu tempat di mana ini mungkin paling jelas adalah di Yogyakarta di mana keluarga Sultan telah mendukung batik, perak, wayang dan pengrajin lainnya selama beberapa generasi. Dengan patronase ini, bentuk-bentuk seni berkembang, menghasilkan beragam bentuk seni saat ini.

Awal mulanya karya seni Ukiran Bali hanya diperuntukan untuk keperluan rumah tangga dan perlengkapan upacara adat guna pemujaan kepada leluhur. Hingga dating beberapa seniman asing kepulau dewata yang memberikan pencerahan dan pengaruh baru aga seni ukiran kayu bali dapat lebih komersial. Karya seni bali sangat artistik, settiap individu warga bali harus mampu mengembangkan keterampilan dalam bentuk seni tertentu baik dari music, tari, lukis, pahat dan ragam seni lainnya. Yang menciptakan suatu komunitas seni artistic yang dinamis.

Banyak kerajinan yang dikembangkan dari ragam bahan baku yang tidak terpikirkansama sekali oleh orang awam. Dari keperluan rumah tangga hingga perlengkapan upacara adat. Bahan baku kerajinan tersebut antara lain kayu, serat, bamboo, rotan dan tanaman liar lainnya serta mengunakan pewarna alamai yangjauh dari pengunaan bahan kimia yang merusak dan mencemarkan. Dan kerajinan ini telah berkembang dengan baik dari waktu kewaktu

Banyak ekspatriat memanfaatkan kesempatan hidup di Indonesia untuk belajar lebih jauh tentang budayanya, atau untuk memulai Wayang Kulit dari koleksi benda-benda seni atau kerajinan yang mereka nikmati. Kami menjalani hari-hari awal eksplorasi, melalui sensasi penemuan dan pembelajaran, untuk memburu barang-barang tertentu yang Anda inginkan dan memperoleh temuan sejati.
Expatriat seringkali mengalami kesulitan jika ingin memeli dan memiliki karya seni bali darena birokrasi yang mempersulit serta harga yang melangit karena mark up serta biaya cukai yang sangat tinggi. Padahal dengan hasil kerajinan ini  para pengrajin tradisional dangat terbantu jika hasil karyanya dapat di miliki turus asing sebagai memorabilia dan kenangan yang indah dari pulau dewata.



No comments:

Post a Comment